Cerita Mistis dan Keindahan Alas Purwo


WISATAINDIE.COM
- Alas Purwo merupakan taman nasional yang penuh misteri. Taman nasional ini terletak di kawasan Tagaldlimo, Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur. Banyak orang menilai tempat tersebut merupakan tempat terangker. Bahkan, mereka mengira taman ini adalah kerajaan jin.

CERITA MISTIS

Kebenaran mengenai hal diatas pun masih menjadi misteri hingga saat ini. Konon katanya, di hutan seluas 43 ribu hektare ini terdapat 40 gua yang bisa disambangi untuk mempelajari ilmu gaib. Salah satu gua yang paling terkenal adalah Gua Istana.

Masyarakat setempat percaya jika Gua Istana merupakan tempat untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Beliau dikenal sebagai ratu yang menguasai pantai selatan. Jika berkunjung ke taman nasional ini, pengunjung tidak boleh berkata kasar, bicara kotor, menghina dan sompral lo.

Pertama soal mitos orang yang  belum tentu bisa keluar setelah memasuki Alas Purwo. Banyak rumor beredar mengenai orang orang yang hilang di hutan tersebut. Bahkan ada juga cerita tentang orang-orang yang penasaran dan masuk Alas Purwo tapi mereka tak bisa keluar dan tertelan selamanya di rapatnya pepohonan. Hal tersebut karena orang-orang tersebut punya niat jahat dan hati yang kotor.

BELAJAR ILMU GAIB

Kedua, Alas Purwo digunakan sebagai tempat belajar ilmu gaib. Terdapat banyak gua di sana yang bisa digunakan untuk mempelajari ilmu gaib. Hal itu terbukti dengan jejak-jejak yang ditinggalkan manusia. Banyak rumor yang beredar bahwa siapa saja yang sudah selesai belajar di Alas Purwo, dia akan sakti luar biasa.

Ketiga, Alas Purwo menjadi tempat favorit semedi bagi Bung Karno. Selain dikenal dengan cerita mistisnya, Alas Purwo juga sering dikaitkan dengan sosok Bung Karno.

Banyak cerita mengenai sang proklamator yang dikisahkan sering mengunjungi hutan ini. Tujuannya untuk bertapa memikirkan bangsa Indonesia. Selain itu Bung Karno juga bersemedi untuk melakukan kontak dengan sang penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Namun cerita itu belum terbukti kebenarannya, dan Bung Karno pun tidak pernah bercerita tentang Alas Purwo.

KERAJAAN JIN

Alas Purwo sebagai kerajaan jin terbesar. Cerita yang dikenal masyarakat adalah Alas Purwo adalah daerah dimana kerajaan jin berdiri. Bahkan menurut cerita, kerajaan jin di sini begitu besar, megah dan sangat ramai. Bagi orang-orang tertentu yang memiliki kelebihan, mereka bisa melihat kerajaan jin di Alas Purwo ini.

Alas Purwo memang terlihat seperti hutan-hutan pada umumnya, banyak pohon dan sangat lebat. Namun ketika Anda bisa masuk ke dalamnya, tempat ini menunjukkan pemandangan yang beragam. Salah satunya terdapat banyak gua yang menyebar di penjuru hutan. Kabarnya, masing-masing gua tersebut ada penghuninya.

Meskipun dinilai angker dan misterius, Taman Nasional Alas Purwo menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Di sini terdapat Savana Sadengan, Kawasan Hutan Mangrove Bedul, Pura Luhur Giri Salaka dan lima pantai yang terdiri dari Pantai Trianggulasi, Pantai Plengkung, Pantai Pancur, Pantai Ngagelan dan Pantai Cungur.

Selama masa pandemi, Taman Nasional Alas Purwo menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dengan batas tertentu, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun secara berkala, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Taman Nasional Alas Purwo adalah taman nasional yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Secara geografis terletak di ujung tenggara Pulau Jawa wilayah pantai selatan antara 8°26’45”–8°47’00” LS dan 114°20’16”–114°36’00” BT. Wikipedia

Alamat: Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68417

0 Post a Comment